Segudang Manfaat, Yuk Bikin Susu Almond Sendiri Di Rumah

manfaat-susu-kacang-almond-kireinuts.com

Apa kabar bunda cantik? Semoga bunda selalu sehat bersama manfaat susu kacang almond yang senantiasa menemani. Seperti bunda ketahui jika kacang almond adalah salah satu jenis kacang dengan segudang manfaatnya. Namun terkadang bunda terkendala satu dan lain hal dalam mendapatkan susu almond yang segar. Disatu sisi waktu yang terbatas disela kesibukan bunda yang padat baik bersama si buah hati atau aktivitas rutin bunda lainnya.

Jika bunda membeli susu almond instand tentu bisa saja kan bun? Namun tentunya bunda menginginkan susu almond segar agar manfaatnya lebih terasa. Nah, kali ini mari kita lihat bagaimana mengolah susu almond segar alami buatan tangan bunda sendiri. Yang tentunya karena buatan sendiri maka bunda bebas menambahkan apa saja hingga rasa lezat yang bunda inginkan akan muncul, terutama pengolahan  kacang almond untuk ibu menyusui, selama tidak mengubah khasiat susu almond itu sendiri. Inilah ulasannya khusus untuk bunda.

– Proses awal

Pada proses ini bunda cukup merendam kacang almond selama delapan jam atau jika dirasa kurang empuk maka dapat direndam hingga maksimal 48 jam atau dua hari. Berikan cukup air selama perendaman ini karena kacang almond bersifat menyerap air rendaman dan biji kacang almond menjadi membesar. Maka dari itu selama proses tersebut air dapat berkurang sehingga menjadikan kacang di permukaan tidak akan terendam.

Pastikan bunda melebihkan air setinggi 2 cm pada permukaan kacang almond. Bunda dapat menggunakan air matang dengan suhu biasa maupun air dingin. Rendaman kacang almond ini juga dapat disimpan di dalam kulkas hingga saatnya diolah menjadi susu.

– Jenis alat yang digunakan

Setelah kacang almond dirasa cukup empuk untuk diolah, maka bilaslah kacang almond rendaman tersebut dengan menggunakan air matang. Alat yang digunakan dalam proses mendapatkan  manfaat susu kacang almond adalah dengan menggunakan blender atau apa saja yang biasa bunda gunakan untuk menggiling bahan keras seperti kacang almond. Bunda juga dapat menggunakan slow juicer dengan menambahkan air sehingga ampas dan air kacang almond akan terpisah dan bunda tak perlu lagi menyaringnya. Keuntungan menggunakan alat ini adalah bunda langsung dapat meminum susu kacang almond tanpa repot menyaringnya lagi.

Bagi bunda yang akan menggunakan blender atau food processor maka setelah selesai bunda harus menyaringnya agar susu terpisah dari ampas kacang almond. Namun semua alat ini dapat bunda gunakan tanpa mempengaruhi rasa dan khasiat susu almond sedikitpun nantinya.

Pembuatan susu kacang almond

Setelah memasukkan kacang almond sesuai jumlah yang diinginkan, maka tambahkan air sesuai tingkat kekentalan susu kacang almond yang bunda ingin dapatkan. Agar rasa susu almond lebih nikmat, bunda dapat menambahkan kayu manis, garam yodium, vanila atau rasa apa saja yang bunda kehendaki.

Jika ingin mendapatkan rasa manis, sebaiknya hindari gula pasir dan dapat digantikan dengan madu, sirup maple, kurma atau gula aren secukupnya, meski sebaiknya konsumsi susu kacang almond yang terbaik adalah tanpa menambahkan rasa manis. Untuk varian rasa dapat menambahkan coklat bubuk, kopi dan matcha. Semoga bunda mendapatkan manfaat susu kacang almond baik untuk menyusui, mengontrol kolesterol, meminimalkan risiko kanker serta kaya kandungan Vitamin E, omega 3, protein dan kalsium. Selamat mencoba ya bunda…

Segudang Manfaat, Yuk Bikin Susu Almond Sendiri Di Rumah
Scroll to top