Langkah-langkah Membuat Susu Almond

Posted on 2022-09-07 by Kireinuts

susu almond Image Langkah-langkah Membuat Susu Almond

Kacang almond bisa di konsumsi dengan banyak cara. Mulai dikonsumsi secara langsung dan bisa juga dikonsumsi dalam bentuk cairan yang biasa disebut dengan susu almond. Untuk bunda yang lebih suka mengonsumsi almond dalam bentuk cair, berikut ini adalah langkah dan cara membuat susu almond.

Siapkan alat dan bahan

Langkah pertama untuk membuat susu almond ini adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang akan Bunda butuhkan. Untuk bahannya, tentu Bunda akan membutuhkan kacang almond, air matang dan juga sejumput garam. Garam yang bisa digunakan adalah garam himalayan atau sea salt. Selain itu, jika bunda mau, bunda juga bisa menambahkan kurma untuk pemanis. Selain bahan, bunda juga akan membutuhkan beberapa peralatan seperti saringan tahu atau saringan susu, baskom untuk merendam dan juga wadah untuk susu almond hasil.

Lunakkan kacang almond

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melunakkan kacang almond Bunda. Kacang almond yang Bunda akan gunakan harus dilunakkan terlebih dahulu sebelum masuk ke proses selanjutnya. Proses pelunakan ini dilakukan dengan merendam kacang almond yang akan dan buat susu dengan menggunakan air. Perendaman ini dilakukan dengan air dengan jumlah yang secukupnya yang penting terendam sempurna. Setelah itu, tutup wadah dan biarkan hingga 36 jam untuk mendapatkan kacang almond yang lebih lembut dan bisa di blender dengan mudah.

Haluskan kacang almond

Langkah membuat susu almond selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghaluskan kacang almond yang sudah direndam sebelumnya. Kacang almond yang sudah di rendam bisa dihaluskan dengan menggunakan blender. Blender dalam waktu yang cukup sehingga semua kacang menjadi halus dan lembut.

Setelah kacang di haluskan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan saringan yang akan digunakan. Setelah dihaluskan, kacang almond ini di saring dengan menggunakan saringan susu atau saringan tahu. Penggunaan saringan susu atau saringan tahu dalam cara membuat susu almond dapat membuat susu almond Bunda menjadi lebih lembut. Bagi bunda yang ingin menambahkan kurma atau bahan lainnya karena akan menggunakan kacang almond untuk diet , maka bunda bisa memasukkannya pada saat menghaluskan kacang almond yang akan Bunda buat.

Nah demikian adalah cara membuat susu almond yang bisa kami berikan, ingat, sisa atau ampas kacang almond yang dihasilkan sebaiknya jangan dibuang. Karena bunda juga bisa memanfaatkan ampas dari kacang almond ini untuk keperluan yang lainnya. Ampas kacang almond ini bisa dimanfaatkan untuk membuat tepung yang nantinya bisa digunakan untuk membuat pancake, membuat cookies atau bahkan selain almond. Sangat menarik bukan? Semoga ulasan mengenai cara membuat susu almond ini membantu bunda untuk memanfaatkan kacang almond menjadi hidangan yang beragam ya!