Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Posted on 2022-09-07 by Kireinuts

kacang almond ibu hamil Image Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil kondisi tubuh harus dijaga baik-baik. Pasokan nutrisi dan gizi harus dipenuhi dengan baik setiap harinya, baik untuk sang ibu maupun janin yang di dalam kandungan, agar bisa tumbuh dengan sehat dan lancar pada saat persalinan nantinya tiba. Salah satu bahan makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah kacang almond. Terdapat banyak sekali manfaat kacang almond untuk ibu hamil.

Apa itu Kacang Almond

Kacang Almond memiliki cukup banyak variasi bentuk, dan warna, juga ukuran. Kebanyakan bentuknya ialah mirip seperti bentuk tetesan air mata. Biji yang biasanya dianggap sebagai kacang ini mempunyai rasa yang cukup beragam, yakni mulai dari yang rasa renyah sedikit pahit hingga  rasa yang manis.

Nama ilmiah dari kacang almond tersebut ialah Prunus dulcis. Kacang Almond itu juga sering disebut dengan nama Badam. Asal habitat kacang Almond ialah dari daerah dengan iklim Mediterania seperti di Timur Tengah yaitu ada Suriah, dan Turki juga Iran dan beberapa daerah Eropa Selatan serta Afrika Utara.

Penggunaan almond cukup fleksibel. Cara makan kacang almond itu dapat dimakan mentah atau dengan cara dipanggang terlebih dahulu, kacang almond juga dapat dijadikan sebagai tepung almond, dan dibuat menjadi minyak almond, atau mentega almond, juga susu almond dan bahkan menjadi wewangian almond serta juga lotion tubuh almond, dan lain sebagainya.

Biasanya almond dikonsumsi dengan secara langsung sebagai kudapan atau bisa juga diiris tipis-tipis dan dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk berbagai jenis olahan makanan, yakni seperti es krim, atau berbagai olahan coklat, juga kue, serta susu. California  merupakan negara yang dikenal sebagai penghasil kacang almond terbanyak di seluruh dunia. Manfaat kacang almond untuk ibu hamil juga banyak.

Kacang yang berasal dari Timur Tengah ini juga memiliki banyak nutrisi kandungan gizi yang baik bagi tubuh manusia, salah satunya ialah dapat menurunkan kolesterol dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Kacang Almond

Per 100 gram almond memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

Kalori sebanyak 597 kcal           

Karbohidrat sebanyak    21,6 g

Air sebanyak     4,4 g    

Protein sebanyak          21,2 g  

Gula     sebanyak 4,4 g

Serat    sebanyak 12,5 g           

Lemak sebanyak 49,9 g

Vitamin A sebanyak 1 IU

Vitamin C sebanyak 0 mg

Vitamin D sebanyak 0 mg

Vitamin E sebanyak 25,6mg

Vitamin K sebanyak 0 mg

Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,211 mg        

Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 1,014 mg       

Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 3,385 mg

Vitamin B5 (Panthothenic acid) sebanyak 0,469 mg

Vitamin B6        sebanyak 0,143 mg      

Vitamin B9 (Folat) sebanyak      50 mg

Kalsium sebanyak 264 mg         

Zat Besi sebanyak         3,72 mg           

Magnesium       sebanyak 268 mg         

Fosfor sebanyak           484 mg

Potasium (Kalium) sebanyak      705 mg

Selenium sebanyak       2,5 mg 

Sodium sebanyak 1 mg

Seng (Zinc) sebanyak 3,08 mg  

8 Manfaat Almond untuk Ibu Hamil

Cukup banyak khasiat kacang almond untuk ibu hamil. Selain manfaat kacang almond untuk kesuburan maka berikut ini adalah beberapa manfaat kacang almond bagi ibu hamil tersebut.

Mencegah Cacat Syaraf

Selama masa kehamilan, ibu hamil memerlukan asupan asam folat yang cukup supaya janin dapat berkembang dengan secara optimal. Dengan melakukan konsumsi almond dapat menjadi salah satu cara guna memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil tersebut.  Almond adalah sumber asam folat yang bermanfaat untuk untuk perkembangan otak serta sistem neurologis bayi. Asam folat juga penting guna mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Selama masa kehamilan, akan diperlukan ibu sekitar 400 mcg asam folat bagi pertumbuhan janin.

Mencegah Risiko Alergi pada Bayi

Berdasarkan suatu penelitian, maka konsumsi jenis kacang-kacangan termasuk salah satunya adalah kacang almond dalam jumlah yang wajar dan memadai akan dapat melindungi anak dari timbulnya risiko mengalami alergi di kemudian hari. Selain itu, almond juga mengandung vitamin E serta seng yang mampu melindungi bayi dari penyakit asma.

Menguatkan Tulang

Almond adalah sumber kalsium yang baik. Kalsium diperlukan ibu hamil untuk mengurangi risiko hipertensi serta pre eklamsia selama masa kehamilan. Kalsium juga penting guna pertumbuhan tulang serta gigi bayi. Kebutuhan wanita hamil terhadap kalsium akan meningkat pada trimester ketiga, yakni ketika kerangka bayi berkembang pesat. Oleh karenanya konsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari.

Stabilkan Tekanan Darah

Kestabilan darah sangat diperlukan oleh ibu hamil. Kandungan Magnesium pada almond dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi lahir secara prematur, juga penyakit jantung, dan preeclampsia, serta penurunan aliran darah ke plasenta. Preeklampsia yang disertai dengan kejang bisa berubah menjadi eklampsia. Jika tidak diobati, maka kondisi tersebut bisa berakibat fatal pada ibu dan janin.

Mengontrol Gula Darah

Kacang itu rendah karbohidrat namun kaya lemak, dan protein, juga serat, sehingga tepat untuk mengontrol gula darah. Almond juga banyak mengandung magnesium yang diperlukan untuk mengontrol gula darah. Kontrol gula darah yang baik dapat menurunkan risiko diabetes gestasional yang terjadi pada ibu hamil selama dan juga setelah masa kehamilan.

Perkuat Jantung dan Cegah Anemia

Almond memiliki kandungan zat besi yang mampu untuk memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi harian. Zat besi diperlukan untuk membuat hemoglobin bagi ibu dan janin selama kehamilan. Zat besi juga diperlukan untuk memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh dan bayi yang dikandung. Zat besi juga dapat meningkatkan fungsi jantung pada janin, sehingga bisa mengurangi risiko bayi mengalami gagal jantung atau mendapat penyakit jantung bawaan pada saat dilahirkan. Dengan mendapat cukup zat besi juga dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Bayi yang mengalami anemia akan terlahir terlalu kecil atau prematur lahir terlalu dini.

Mencegah Kenaikan Berat Badan secara Drastis

Berat badan yang naik secara drastis selama kehamilan tidak baik untuk kesehatan ibu juga janin. Selama hamil kebanyakan ibu hamil akan sulit mengontrol berat badannya. Konsumsi almond yang kaya serat bisa membuat rasa kenyang yang lebih lama. Almond juga mampu untuk mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan timbulnya rasa lapar dan juga meningkatkan hormon leptin yang dapat mengurangi nafsu makan, sehingga bisa menurunkan risiko terjadinya kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan. Selain juga dapat menjadi sumber energi dan melancarkan pencernaan.

Menyehatkan Kulit dan untuk Pertumbuhan Rambut Bayi

Almond mengandung vitamin E, yakni antioksidan yang larut pada lemak. Vitamin E tersebut penting untuk membantu pembentukan kulit dan rambut agar tumbuh sehat. Vitamin E selama kehamilan juga mampu menjaga kesehatan kulit ibu hamil, yang bisa melar dan timbul selulit atau scratch mark. Kandungan asam lemak omega 3 dalam almond juga diperlukan untuk merangsang hormon agar ibu yang habis melahirkan bisa meningkat kuantitas dan juga kualitas ASI nya.

Resep Kacang Almond Panggang

Mengingat banyaknya manfaat kacang almond bagi kesehatan maka sebaiknya konsumsi juga almond sebagai pelengkap nutrisi. Salah satunya selain dikonsumsi mentah, maka almond juga bisa dipanggang. Cara memanggang almond bisa dilakukan dengan oven atau microwave, sebaiknya dalam bentuk utuh dan bisa dicampur dengan sedikit minyak atau mentega. Selain itu almond iris juga bisa disangrai dengan wajan dan kompor.

Itulah manfaat almond bagi ibu hamil.